Kembung Betelok khas Bangka Belitung

Kembung Betelok

Makanan ini memang benar-benar sudah langkah dan hampir punah di Pulau Bangka. Padahal di masa lalu, makanan yang wajib hadir pada perhelatan besar. Hidangan tradisional ini benar-benar sudah hampir punah di Pulau Bangka. Padahal, dulu, ini adalah sajian kebanggaan yang wajib hadir pada perhelatan besar di pulau Bangka Belitung. Kembung Betelok adalah dialek lokal untuk menyebut “ikan kembung bertelur”.

Kembung Betelok
Kembung Betelok

Di Bangka Belitung, Sajian ini biasanya disajikan dengan sambal blacan yang sungguh istimewa. Trasinya adalah trasi Toboali yang sangat enak dan terkenal kualitasnya. Sambalnya hanya dibuat dari cabe merah, bawang putih, dan trasi.

Secara harpiah kembung betelok berarti ikan kembung bertelur. Namun jangan berpikir anda akan menyantap telur ikan kembung. Karena ini hanya penamaan saja. kembung beletok sebenarnya daging ikan kembung yang dihaluskan diaduk bersama bumbu bumbu , telur ayam kocok dan santan kental. Campuran daging ikan ini dimasukan kembali kedalam kulit ikan kembung lalu digoreng. Kemudan sajikan bersama sambal terasi (blacan).

Membuat resep kembung betelok langka memang membutuhkan kesungguhan dan kesabaran. Namun jika anda berhasil membuatnya semua perjuangan memasak masakan Indonesia ini akan terbayar. Rasa gurih ikan kembung makin lezat karena berpadu dengan gurihnya santan. Tambah mantab karena saat memasak duri ikan sudah dibersihkan. Resep masakan tradisional ini konon merupakan hidangan kebanggan yang harus ada pada perhelatan besar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *